Kamis, 18 Agustus 2011

Mengenal Perilaku Konsumen

Consumer Behavior Class (Kelas perilaku konsumen) Tuesday Morning Department of Family and Consumer Sciences – College of Human Ecology – Bogor Agricultural University

Lecturer : Prof Dr Ir Ujang Sumarwan, Msc

Session 1 :

Mengenal Perilaku Konsumen
Oleh Dwifeny Ramadhany, Mayor IKK (Ilmu Keluarga dan Konsumen) – College of Human Ecology


Berbicara mengenai perilaku konsumen, sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan perilaku konsumen. Perilaku merupakan suatu keputusuan, sedangkan konsumen adalah orang yang menggunakan atau memanfaatkan suatu barang dan jasa. Jadi perilaku konsumen merupakan suatu tindakan evaluasi dalam menggunakan barang dan jasa.
Dalam memilih suatu barang, konsumen terkadang memperhatikan beberapa faktor penting, antara lain yaitu selera, persepsi dan preferensi. Hal ini bertujuan agar konsumen mencapai kepuasan yang diinginkan. Landasan utama dari perilaku konsumen yaitu ekonomi, kepuasan meningkat dengan menganggap faktor lainnya cateris paribus.

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen, yaitu :
1.        Pemasaran
2.       Perbedaan Individu
3.       Faktor Lingkungan Konsumen

Rumah Tangga merupakan konsumen yang paling besar dan merupakan konsumen akhir. Konsumen juga memiliki lembaga pelindung, seperti lembaga swadaya masyarakat, lembaga nirlaba yang memberikan pelayanan publik dan lain sebagainya dengan ditetapkannya kebijkan publik bagi konsumen.

Pertanyaan :
1. Mengapa lingkungan disekitar konsumen berada mempengaruhi keputusan konsumen ?
2. Apa akibat jika tidak adanya kebijakan publik bagi konsumen?


Tidak ada komentar:

Posting Komentar